Breaking News
Loading...
Friday, December 20, 2019

Info Post

INIDEWA365 - Satu dekade telah berlalu sejak Barcelona mencetak sejarah di bawah Josep Guardiola. Mereka pernah meraih enam gelar juara dalam satu tahun, tim yang luar biasa. Jika ingin dibandingkan, Barca yang sekarang jelas sudah sangat berbeda.

Terbukti, hanya Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Gerard Pique yang masih bertahan dari tim bentukan Guardiola itu. Banyak pemain datang dan pergi, yang tentu telah mengubah gaya bermain Barcelona.

Pendekatan klub tentang pemain akademi juga sudah tidak sekuat dahulu. Sekarang Barca siap melakukan segala cara untuk meraih trofi.

Benarkah Barca sekarang sudah benar-benar berbeda dari era keemasan di bawah Guardiola lalu? Apa saja yang berubah di era Ernesto Valverde sekarang?

La Masia Tidak Lagi Unggul

Guardiola jelas berperan penting pada perubahan La Masia sebagai penyumbang utama pemain-pemain inti Barcelona. Sebut saja Victor Valdes, Carles Puyol, Pique, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Busquets, Lionel Messi, dan Pedro Rodriguez.

Sayangnya, peran produk akademi sudah tidak terlalu penting sekarang. Terbukti, hanya ada empat pemain asli akademi Barca dalam starting XI terkuat Valverde saat ini.

Keempatnya adalah Messi, Pique, Jordi Alba, dan Busquets. Masih ada Sergi Roberto, tapi dia sering turun dari bangku cadangan.

Tim Muda vs Skuad Veteran

10 tahun yang lalu, starting XI yang meraih enam trofi dalam setahun itu memiliki rata-rata usia 25,5 tahun. Sekarang, skuad Valverde mencatatkan rerata usia 28 tahun.

Sekarang ada lima pemain Barca yang melampaui usia 30. Tentu hal ini membuat mereka kesulitan ketika menghadapi lawan dengan pendekatan fisik.

Barcelona Tidak Lagi Mendominasi

Dahulul, pasukan Guardiola benar-benar pelit membagi bola pada lawan. Mereka bisa mendominasi penguasaan bola di atas 70%, Xavi-Iniesta-Busquets berperan penting dalam dominasi ini.

Biar begitu, Blaugrana sudah banyak berubah sejak saat itu. Mereka tidak keberatan membiarkan lawan mengontrol tempo pertandingan.

Transfer Besar-Besaran

Pada tahun 2009, starting XI Barcelona bernilai total 110 juta euro. Pembelian termahal mereka adalah Zlatan Ibrahomovic dengan 70 juta euro, Dani Alves 36 juta euro, dan Maxwell 4 juta euro. Sisanya, skuad Barca diisi oleh pemain-pemain La Masia.

Sekarang, pemandangan skuad sudah jauh berbeda. Nilai starting XI yang sekarang ada di angka 371 juta euro, tiga kali lipat lebih mahal dari tim Guardiola dahulu.