Breaking News
Loading...
Saturday, December 14, 2019

Info Post
365IniDewa.Id - Laga Real Sociedad kontra Barcelona diwarnai sebuah keputusan yang oleh beberapa pihak dianggap kontroversial. Ini terkait hadiah penalti yang diberikan wasit Javier Alberola Rojas kepada Sociedad.

Barcelona cuma meraih hasil imbang 2-2 saat melawan tuan rumah Real Sociedad pada pekan ke-17 La Liga 2019/20, Sabtu (14/12/2019).

Sociedad unggul terlebih dahulu melalui penalti Mikel Oyarzabal menit 12. Antoine Griezmann lalu menuntaskan operan Luis Suarez untuk membobol gawang mantan timnya dan menyamakan skor di menit 38. Barcelona ganti unggul lewat gol Suarez dari assist Lionel Messi di menit 49, tapi Sociedad membalasnya melalui gol Alexander Isak di menit 62.

Penalti yang menjadi gol pembuka Sociedad diberikan menyusul sebuah vonis pelanggaran terhadap bek Sociedad, Diego Llorente. Yang divonis melakukan pelanggaran adalah gelandang Barcelona, Sergio Busquets.

Busquets dianggap menarik seragam Llorente di kotak terlarang, dalam sebuah situasi corner. Wasit Javier Alberola Rojas menunjuk titik putih.

Picu Perdebatan

Tak sedikit yang menilai kalau wasit terlalu mudah memberi penalti. Yang kontra beranggapan bahwa itu bukan pelanggaran dan tak pantas diganjar penalti.

Namun, menurut pakar wasit Marca, Juan Andujar Oliver, itu bukan keputusan yang salah.

Kepada Radio Marca, Juan Andujar Oliver mengatakan bahwa wasit sudah mengambil keputusan yang benar.

"Tak ada yang perlu diragukan," kata Juan Andujar Oliver, seperti dikutip Marca. "Wasit jelas melihat Busquets menarik Llorente dan menunjuk titik penalti.