Breaking News
Loading...
Saturday, December 21, 2019

Info Post

INIDEWA365 - Mikel Arteta akhirnya diresmikan sebagai pelatih baru Arsenal usai negosiasi intens dalam sepekan terakhir. Arteta meneken kontrak sampai 2023, menggantikan Unai Emery yang dipecat beberapa pekan lalu.

Beberapa pekan terakhir, Arsenal mengarungi musim di bawah Freddie Ljungberg sebagai pelatih interim. Sayangnya Ljungberg dianggap gagal membangkitkan tim, pencarian pelatih baru pun terus berlanjut.

Setelah mempertimbangkan sejumlah kandidat, seperti Carlo Ancelotti dan Massimilano Allegri, pilihan Arsenal tiba pada Arteta. Keputusan ini berisiko, mengingat Arteta tidak punya cukup pengalaman.

Biar begitu, pihak klub begitu optimistis Arteta bakal sukses.

Kembalikan Identitas

Arteta benar-benar menghadapi tugas berat pada kesempatan pertamanya sebagai pelatih utama. Dia harus menyelesaikan sejumlah masalah Arsenal yang benar-benar buruk.

Di antara banyak masalah itu, yang paling krusial adalah mengembalikan identitas klub. Pertahanan Arsenal mungkin buruk, tapi yang lebih parah adalah mereka tidak punya gaya bermain khusus yang seharusnya jadi ciri khas.

Selain itu, ada banyak masalah lain yang belum disebut. Arteta benar-benar menghadapi tantangan besar, terlebih jika pihak klub tidak bisa memberikan dukungan maksimal di bursa transfer.

Berapa Gajinya?

Arsenal tidak main-main dalam memilih Arteta, yang terbukti pada kontrak 3,5 tahun pelatih baru mereka itu. Merayu Arteta tidak mudah, ada peran Manchester City pada negosiasi ini.

Masih menurut Express, Arteta disebut menyepakati kontrak dengan gaji 5 juta poundsterling per tahun. Jumlah ini mirip dengan besar gaji Emery (6 juta pounds) sebelum dipecat Arsenal.

Tawaran gaji klub itu jelas merupakan pernyataan khusus. Artinya, mereka menilai Arteta tidak terlalu berbeda dengan Emery. Kualitas keduanya mungkin sama, hanya beda pengalaman.

Segera Belanja

Arteta dikabarkan bakal memboyong sejumlah stafnya dari Man City untuk membantunya di Arsenal.

Dia sepertinya bakal sibuk di bursa transfer Januari mendatang. Pihak klub siap mendukung, meski tidak terlalu besar.