Breaking News
Loading...
Wednesday, July 22, 2020

Info Post

INIDEWA365 - Karir Zinedine Zidane di kancah sepak bola bergelimang prestasi dan medali. Itulah sebabnya pria asal Prancis itu menjadi sosok yang sangat dihormati dalam panggung hiburan yang satu ini.

Zidane mengawali karirnya sebagai pemain profesional pada tahun 1989 lalu bersama klub Prancis, Cannes. Tapi, ia harus menunggu sampai tahun 1995 untuk bisa mendapatkan trofi perdananya kala memperkuat Bordeaux.

Nama Zidane semakin dikenal publik, dan tak ayal kalau dirinya berhasil menarik perhatian raksasa Eropa. Juventus cukup beruntung karena pernah menggunakan jasa Zidane selama lima musim.

Juventus pun mendapatkan berkah dari kehadirannya. Zidane mempersembahkan enam trofi dari berbagai ajang. Tidak sampai di situ, Bianconeri juga mendapatkan 77,5 juta euro dari hasil penjualannya ke Real Madrid.

Zidane juga mempersembahkan enam trofi kepada Madrid, salah satunya berasal dari ajang Liga Champions. Ia membela klub tersebut sampai memutuskan gantung sepatu di tahun 2006 silam.

Kendati telah pensiun, bukan berarti karir Zidane di dunia sepak bola telah berakhir. Setelah sempat mengisi jabatan dari balik layar Real Madrid, Zidane kemudian merintis karir sebagai pelatih dengan menukangi Real Madrid Castilla.

Ia hanya bertahan selama dua musim sebelum dipanggil untuk melatih skuat inti Real Madrid. Enam bulan berselang, Zidane berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions bagi klub berjuluk Los Merengues tersebut.

Zidane terus-terusan menyumbang trofi untuk Real Madrid. Hingga musim ini, Zidane mempersembahkan gelar ke-11 dalam karirnya sebagai pelatih setelah berhasil membawa Real Madrid menjuarai La Liga.

Karena prestasi, serta keindahannya dalam bermain sepak bola, Zidane pun dihormati oleh banyak orang. Termasuk sosok legenda yang pernah bermain dalam satu tim dengan sang maestro.

Fernando Hierro

"Dia datang dari liga lain, dari pemahaman soal sepak bola yang berbeda, namun begitu dia menyentuh bola, anda tahu betap abagusnya dia dan apa yang mampu ia lakukan."

"Zizou tidak menipu siapapun. Dia adalah apa yang anda lihat. Dia tidak memiliki sisi lain."

"Dia datang sebagai seorang pendiam, pemalu, tapi karena caranya dan tanpa mengurangi rasa hormat, dia membatasi dirinya sendiri di sesi latihan dan saat bersama rekan setim. Dia seperti itu memang, transparan."

"Saya mengingat keanggunan dan kesederhanaannya."

Paolo Montero

"Mustahil untuk tidak mencintainya."

"Dia adalah sosok individual serta pemimpin yang rendah hati. Orang paling rendah hati yang pernah saya kenal."

"Dia adalah rekan setim terbaik. Dia membuat semua yang mustahil terlihat mudah."

Walter Samuel

"Gambaran yang saya punya soal dia adalah dia merupakan orang yang sangat tenang, berkomitmen pada keluarganya dan sangat rendah hati."

"Anda sudah pasti bisa belajar dari pemain seperti dia."

"Terlepas dari bermain di berbagai posisi, saya juga tertarik melihat bagaimana dia bergerak, bagaimana dia menggiring bola dan saat menerima bola di posisi yang bagus untuk bisa membuat operan terakhir yang menentukan."

Alvaro Mejia

"Saya memiliki keistimewaan bermain dengan Zidane. Pada waktu itu, dia adalah pemian terbaik d dunia dan berbagi sesi latihan bersama dia rasanya luar biasa,."

"Setiap hari, selalu ada sesuatu yang baru. Kontrol yang baru, cara menggiring bola baru, tembakan baru, sesuatu yang akan membuat anda terkejut."

"Rasanya luar biasa bisa melihatnya bermain, jadi bayangkan melihatnya setiap hari di sesi latihan."

"Dia adalah orang yang sangat kompetitif. Sangat tertutup, tapi sangat kompetitif. Dia senang meraih kemenangan dan dia sangat rendah hati di luar lapangan. Keseimbangan ini selalu terlihat gemilang bagi saya."

"Bagi anak muda, seperti saya dulu, punya sosok panutan dan melihat bagaimana dia beraksi di dalam maupun luar lapangan adalah sesuatu yang harus anda fokuskan dan sesuatu yang harus terkenang dalam diri di sepanjang karir olahraga anda."

"Sungguh sebuag kehormatan dan mimpi juga. Benar-benar idaman."

Santiago Solari dan Alessandro Del Piero

Santiago Solari

"Dia adalah salah satu sosok terhebat Real Madrid. Anda tidak bisa menjelaskan dia dalam kata-kata. Dia tidak bisa dibandingkan. Biarkan dia di sana, dalam kehebatannya."

Alessandro Del Piero

"Dalam karir, saya telah bertemu banyak pemain hebat. Bek seperti Paolo Maldini, [Fabio] Cannavaro, [Paolo] Montero, penyerang seperti [Filippo] Inzaghi, [Francesco] Totti... tapi ZIdane adalah yang paling luar biasa di antara mereka."

"Zidane adalah lambang kemurnian dari sepak bola. Dia menunjukkannya bersama Juve, Real Madrid dan Timnas."

David Beckham dan Florentino Perez

David Beckham

"Sesi latihan terakhir Zidane sangatlah spesial."

"Kami sendirian di ruang ganti dan dia duduk di samping saya lalu berkata: 'Terima kasih atas segala yang anda lakukan, dengan menjadi rekan dalam tim yang luar biasa'."

Florentino Perez

"Zidane adalah berkah untuk Real Madrid."