Breaking News
Loading...
Monday, August 26, 2019

Info Post

INIDEWA365 Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengisyaratkan ia akan rehat dari sepak bola, setelah kontraknya bersama The Reds berakhir.

Sebelum berkarir di Inggris, Klopp menangani Borussia Dortmund. Setelah itu ia pindah ke Liverpool pada akhir tahun 2015 dan dikontrak tiga tahun. Ia menggantikan Brendan Rodgers.

Di awal kedatangannya di Liverpool, Klopp menjanjikan ia akan mempersembahkan trofi juara dalam waktu empat tahun. The Reds sendiri kemudian diubahnya menjadi tim yang sangat enerjik, atraktif dan ofensif.

Liverpool sempat lolos ke tiga final kompetisi berbeda; Liga Europa, Capital One Cup dan Liga Champions. Namun semuanya berakhir dengan kekalahan. Ia akhirnya membawa The Reds jadi juara Eropa pada musim 2018-19 kemarin.

Performa Liverpool yang menjanjikan tentu saja membuahkan kontrak baru. Saat ini ia dikontrak hingga tahun 2022.

Rehat Dulu

Melatih dan menjadikan Liverpool seperti sekarang ini bukan perkara mudah. Banyak tekanan yang diberikan pada pundak manajer berusia 52 tahun tersebut.

Klopp kemudian ditanya apakah ia nanti berencana untuk rehat setelah kontraknya di Liverpool berakhir. "Sepertinya demikian," jawabnya pada Kicker.

"Siapa yang sekarang bisa mengatakan jika ia bisa memberikan semuanya dalam waktu tiga tahun? Jika saya memutuskan sendiri bahwa saya tidak bisa melanjutkan lagi, saya akan istirahat dan pada tahun itu saya harus membuat keputusan yang pasti [terkait apakah ia ingin melanjutkan karirnya atau tidak sama sekali]," tuturnya.

"Saya jelas memiliki energi [untuk terus jadi manajer], tapi saya punya satu masalah: Saya tidak bisa melakukan 'sedikit-sedikit saja.' Saya hanya bisa melakukan 'semua atau tidak sama sekali,'" tegasnya.

"Tetapi peluangnya sangat tinggi sehingga tingkat energi saya akan naik lagi [setelah istirahat satu tahun], dan bahwa saya kemudian dapat melakukan pekerjaan seperti yang saya inginkan," seru Klopp.

Sapu Bersih

Musim ini, Liverpool tampak goyah dan tak sesolid musim lalu, khususnya di lini pertahanannya. Dari tiga pertandingan mereka selalu kebobolan.

Mereka sudah melawan Norwich City, Southampton dan Arsenal. Akan tetapi Liverpool mampu memenangkan semua pertandingan tersebut.

Saat ini Liverpool menjadi pemuncak klasemen sementara Premier League 2019-20. Pasukan Jurgen Klopp mengoleksi sembilan poin, unggul dua poin dari Manchester City yang berada di peringkat kedua.