Breaking News
Loading...
Sunday, April 12, 2020

Info Post

365INIDEWA - Pertandingan lanjutan Serie A musim 2019/2020 diprediksi bakal kembali digelar pada 31 Mei mendatang. Andai situasi membaik dan sesuai perkiraan, maka Serie A musim ini bakal berakhir pada 12 Juli 2020.

Serie A terhenti pada pekan ke-26 lantaran pandemi virus corona yang melanda Italia. Negeri Pizza menjadi salah satu negara di dunia dengan dampak paling besar akibat virus yang punya nama lain Covid-19 tersebut.

Laga terakhir Serie A musim ini terjadi ketika Sassuolo menang 3-0 dari Brescia pada Selasa (10/3/2020) yang lalu. Pada laga pekan terakhir, Serie A digelar dengan stadion yang tertutup dari suporter.

Italia telah menerapkan 'lockdown' untuk mengatasi pandemi virus corona. Aturan 'lockdown' ini bakal berlaku hingga 4 Mei 2020 mendatang dan klub-klub Serie A mulai berencana mengumpulkan pemain.

Kapan Serie A Dimulai Setelah Pandemi Virus Corona?

Kasus pandemi virus corona memang masih terjadi di Italia. Akan tetapi, situasi diyakini sudah mulai terkendali. Pemerintah Italia pun diyakini tidak akan memperpanjang 'lockdown' lagi sampai 3 Mei yang akan datang.

Dikutip dari Corriere dello Sport, andai situasi terus membaik, klub di Serie A bakal meminta pemain untuk berkumpul pada 27 April mendatang. Para pemain akan menjalani tes medis yang intensif dan memastikan para pemain sehat dan aman.

Andai situasi membaik, maka klub akan memerintahkan pemain untuk latihan. Sesi latihan bakal digelar selama tiga sampai empat minggu untuk menemukan kebugaran pemain dan siap bermain di level kompetitif.

Sementara, kompetisi bisa dimulai pada 31 Mei 2020 mendatang. Pihak Serie A kemudian bakal menyusun jadwal yang memungkinkan kompetisi bakal berakhir pada 12 Juli 2020. Hanya saja, belum dipastikan seperti apa format lanjutan Serie A.

Bagaimana dengan Coppa Italia?

Menurut Calciomercato, pihak Serie A akan menepikan dulu jadwal klub-klub yang berlaga di Liga Champions dan Liga Europa. Mereka yakin bahwa UEFA akan memprioritaskan anggotanya untuk menggelar kompetisi domestik lebih dulu.

Apalagi, sampai saat ini UEFA juga belum menemukan format yang tepat untuk lanjutan Liga Champions dan Liga Europa. Apakah bakal digelar di tempat netral atau dengan format lainnya.

Sementara itu, pihak Serie A juga bakal menepikan Coppa Italia musim 2019/2020 demi lanjutan Serie A. Saat ini, Ccoppa Italia sudah mencapai babak semifinal dan mungkin dilanjutkan pada musim depan.