Breaking News
Loading...
Tuesday, April 7, 2020

Info Post

365INIDEWA - Sebuah pengakuan dibuat oleh Jurgen Klopp. Pelatih Liverpool itu mengakui bahwa ia harus Philippe Coutinho ke Barcelona pada tahun 2018 yang lalu karena tawaran yang menggiurkan dari raksasa Spanyol tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, Coutinho merupakan sosok yang krusial di lini serang Liverpool. Ia menjadi motor permainan The Reds berkat kemampuannya yang di atas rata-rata dan juga kreativitasnya yang tinggi.

Namun pada bulan Januari 2018 kemarin, Coutinho secara mengejutkan pindah ke Barcelona. Liverpool diberitakan menerima uang sebesar 120 juta Euro dan jika ditambah sejumlah bonus menjadi 142 juta Euro untuk transfer sang playmaker.

Klopp mengakui bahwa transfer Coutinho ke Barcelona itu merupakan salah satu keputusan besar yang harus ia ambil. "Saya benar-benar menghormati kepindahan Phil [ke Barcelona] sejak detik pertama," beber Klopp kepada Pure Football Podcast.

Keputusan Berat
Klopp mengakui bahwa ia sebenarnya cukup berat untuk melepaskan Coutinho pada saat itu. Pasalnya ia tidak memiliki banyak opsi di lini tengahnya.

"Saya sebenarnya sudah biasa menghadapi situasi seperti ini, namun untuk yang satu ini situasinya cukup sulit. Berminggu-minggu sebelum transfer itu terjadi, ia sudah memperpanjang kontraknya dan saya rasa sudah jelas bahwa ia akan meminta kepada saya untuk dijual ke klub lain setelah meneken kontrak itu."

"Selain itu kami juga menjalani musim panas yang sangat berat, karena kami tidak punya solusi. Kami kehilangan Adam Lallana karena cedera pada saat itu, sehingga kami akan kehilangan dua pemain."

Opsi Realistis
Meski tidak mau menjual Coutinho, Klopp mengakui timnya memilih opsi yang realistis untuk menjual sang playmaker karena tawaran yang masuk dari Barcelona sangat sulit untuk ditolak.

"Pada saat itu posisinya kami tidak mau menjualnya, karena kami tidak bisa menemukan penggantinya di bursa transfer."

"pada awalnya dia [Coutinho] bersedia untuk bertahan dan situasinya cukup aman terkendali. Namun kami harus bersikap realistis di bursa transfer, sehingga kami harus melakukan transfer itu [Coutinho ke Barcelona]. Kami tidak menyukai itu, namun kami bisa melakukan itu." ujarnya.

Berpotensi Pulang
Liverpool sendiri memiliki kesempatan untuk memulangkan Coutinho di musim panas ini.