Breaking News
Loading...
Monday, September 30, 2019

Info Post

INIDEWA365 Arsenal mungkin memiliki masalah komunikasi dalam tim. Unai Emery ternyata belum terlalu lancar berbahasa Inggris, khususnya karena aksen Emery sebagai warga negara Spanyol.

Gagasan ini muncul karena komentar Bukayo Saka. Pemain muda Arsenal ini mengaku lebih mudah mendapatkan instruksi dari Freddie Ljungberg daripada Unai Emery.

"Keberadaan Ljungberg sangat membantu. Terkadang saya tidak memahami ketika pelatih [Emery] mencoba berbicara dengan saya, saya bisa berkomunikasi lebih baik dengan Freddie, dia bicara bahas Inggris lebih baik," kata Saka dikutip dari Goal internasional.

Komentar Saka itu berarti Emery bisa kesulitan menjelaskan instruksinya kepada pemain-pemain Arsenal.

Bantahan Emery

Emery yakin tidak ada masalah komunikasi dalam skuad Arsenal. Dia selalu berusaha menyampaikan pesan sejelas mungkin, bahkan berulang-ulang.

"Saya kira tidak," jawab Emery tentang rumor masalah komunikasi di Arsenal.

"Saya sering berdiskusi, juga kepada Bukayo dan Freddie pun melakukan hal yang sama untuk beberapa pemain, tidak hanya kepada Saka."

"Saya juga pernah berbicara empat mata dengan Saka di ruang kerja saya dan mempersiapkan beberapa video untuknya. Saya juga melakukan ini dengan pemain-pemain Inggris lainnya, pemain Spanyol, pemain Jerman, dan pemain Prancis," lanjutnya.

Mulai Percaya Diri

Musim lalu, Unai Emery dibantu penerjemah pada setiap sesi konferensi pers. Kini, sejak awal musim 2019/20, Emery sudah berani berbicara sendiri. Bahasa Inggrisnya semakin baik.

"Tahun lalu pada hari pertama saya berbicara para para pemain dengan cara yang sangat buruk, lebih buruk dari hari ini. Namun, saya terus berbicara bahasa Inggris dan saya merasa lebih baik sekarang," imbuh Emery.

"Bahasa Inggris saya, dari skala 1 sampai 10, mungkin ada di angka 6. Namun, saya kira dengan itu pemain sudah cukup memahami maksud saya. Jika tidak, saya tak menolak bantuan," tutupnya.