Breaking News
Loading...
Saturday, September 28, 2019

Info Post

INIDEWA365 Akhir pekan ini Kota Madrid bakal memanas. Pertemuan antara Real Madrid dan Atletico Madrid di duel bertajuk Derbi Madrid akan menjadi pusat perhatian bagi pecinta sepak bola La Liga. Pertemuan ini adalah sebuah cerita satu abad tentang persahabatan, tetangga, dan tentunya rivalitas.

Walaupun kota Madrid memiliki empat tim La Liga, yakni Getafe dan Leganes, pertemuan Real Madrid melawan Atletico adalah pertandingan terbesar bagi penduduk lokal kota Madrid, yang dikenal sebagai Madrilenos. Pertandingan derbi ini adalah pertandingan yang paling sering dimainkan dalam sejarah sepak bola Spanyol, dan salah satu pertandingan yang paling ditunggu di dunia sepak bola.

Setelah Real Madrid resmi didirikan pada tahun 1902, Atletico menyusul satu tahun setelahnya, dan kedua tim tersebut telah saling berhadapan dalam banyak pertandingan persahabatan dan tidak resmi, sebelum berhadapan dalam pertandingan resmi untuk pertama kalinya dalam Campeonato Regional Centro poda 2 Desember 1906, di mana saat itu pertandingan tersebut berakhir imbang 1-1.

Rivalitas kedua klub berlanjut di tingkat kejuaraan regional dan nasional, hingga musim 1928/29 ketika La Liga didirikan, di mana kedua klub termasuk sebagai klub pendiri. Pertemuan pertama mereka di La Liga terjadi pada 24 Februari 1929 di Stadion Chamartin milik Real Madrid. Tim tuan rumah menang 2-1, dan kedua gol dicetak oleh Monchin Triana, penyerang yang bergabung dari Atletico setahun sebelumnya.

Bukan Sekadar Rival

Kepindahan pemain di antara kedua klub ini bukanlah hal baru. Santiago Bernabeu, presiden legendaris Los Blancos, yang namanya diabadikan sebagai nama stadion hingga kini, pernah membela Atletico pada tahun 1920an. Real Madrid meminjam penyerang Atletico, Ramón Grosso, poda musim 1963/64 untuk menghindari degradasi, sedangkan pemain asal Meksiko, Hugo Sanchez, pernah membela dan mencetak gol untuk kedua klub dalam derbi tahun 1980an.

Derbi ini tidak selalu bersahabat. Walaupun El Clasico melawan Barcelona adalah pertandingan terbesar La Liga Santander dalam skala internasional, banyak pendukung Real Madrid yang menganggap derbi ini adalah pertandingan paling spesial. “Tim yang paling ingin kami kalahkan bagaimanapun caranya adalah tetangga kami,” kata legenda dan pemain terbaik sepanjang masa Los Blancos, Alfredo Di Stefano. “Jika kami kalah, penggemar kami harus menerima ledekan di kantor, di bar, dan juga di jalan”.

Selama bertahun-tahun, kedua tim telah 164 kali berhadapan di La Liga. Real Madrid memiliki 87 kemenangan, Atletico 39 kali menang, dan 38 kali berakhir imbang. Rekor tersebut sudah termasuk pertandingan-pertandingan paling terakhir di Bernabeu dan Wanda Metropolitano.

Mantan pemain sayap Real Madrid dan Presiden Kehormatan klub saat ini, Paco Gento, memegang rekor sebagai pemain yang paling banyak tampil di derbi ini dengan 29 pertandingan, sedangkan pemegang rekor di Atletico adalah Adelardo Rodriguez dengan 27 pertandingan. Untuk saat ini, Kapten Los Blancos, Sergio Ramos (25) dan gelandang Atletico, Koke (14) memimpin daftar rekor tersebut. Di Stefano dan penyerang era 1980an, Santillana, memiliki gol terbanyak untuk Real dengan 13 gol, sedangkan rekan setim Paco Campos dan Adrian Escudero, duet penyerang Atletico tahun 1940an, memegang rekor klub dengan sama-sama membuat sembilan gol.

Rivalitas Derbi Madrid Meningkat

Kompetisi kejuaraan akhir-akhir ini membawa rivalitas ini ke tingkat yang lebih tinggi, baik di Spanyol maupun tingkat Eropa. Atletico mengalahkan Real Madrid di final Copa del Rey 2013. Real Madrid berhasil menjadi pemenang pada Liga Champions 2014 dan 2016 dengan mengalahkan tetangganya itu. Sedangkan tim asuhan Diego Simeone berhasil mengalahkan Los Blancos pada Piala Super Eropa 2018.

Yang membuat pertandingan ini semakin spesial ialah banyak pemain yang memiliki ikatan dengan kedua klub. Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois mencatatkan debutnya di La Liga bersama Atletico pada 2011 silam; tim asuhan Diego Simeone juga mendatangkan Marcos Llorente dari tetangga mereka, dan rekrutan Atletico musim panas ini, Mario Hermoso, menimba ilmu di Bernabeu, begitu pula dengan gelandang jangkar Los Rojiblancos, Saul Niguez.

Jadi pertemuan ini dipastikan akan berlangsung seru dan panas. Jangan sampai ketinggalan ya Bolaneters.