Breaking News
Loading...
Friday, March 20, 2020

Info Post

365INIDEWA - Barcelona sudah tidak perlu pusing memikirkan calon pelatih baru jika nahkoda yang sekarang, Quique Setien, gagal memenuhi ekspektasi. Sebab Ronald Koeman sudah menyatakan kesiapannya untuk melatih raksasa Spanyol tersebut.

Koeman memiliki rekam jejak yang panjang bersama Barcelona. Saat masih aktif bermain, ia pernah membela klub berjuluk Blaugrana itu selama enam musim dengan catatan 67 gol dari 192 penampilan di La Liga.

Bahkan Barcelona yang memberinya kesempatan merintis karir di dunia sepak bola. Pada tahun 1998 hingga 2000, ia pernah menjabat sebagai asisten pelatih sebelum kemudian menjadi pelatih kepala di Vitesse.

Sekarang ia sedang melalui masa-masa yang menyenangkan bersama Timnas Belanda. Baru-baru ini, Koeman berhasil membawa Die Oranje lolos dan berpartisipasi di ajang Euro 2020 yang harus ditunda hingga tahun depan.

Koeman Sempat Dihubungi Barcelona

Dalam beberapa kesempatan, Koeman pernah menyatakan bahwa dirinya punya klausul khusus. Ia berjanji akan menukangi Barcelona setelah mengarungi kompetisi Euro 2020 bersama Die Oranje.

Barcelona pernah mencoba untuk merekrutnya beberapa bulan lalu. Tepatnya saat mereka baru saja memecat Ernesto Valverde. Namun Koeman sudah terlanjur terikat komitmen dengan Timnas Belanda.

Mereka pun menghargai itu. Sebagai gantinya, Barcelona menunjuk Quique Setien untuk mengisi pos kepelatihan. Namun beberapa orang meyakini kalau Setien tidak akan bertahan lama di Camp Nou.

"Mereka menghubungi saya dan saya berkata tidak karena adanya komitmen dengan Timnas Belanda," ujar Koeman kepada Marca.

Berharap Bisa Melatih Barcelona

Koeman pun membuka pintu selebar-lebar mungkin untuk Barcelona. Namun ia percaya bahwa meski dengan setien sekalipun, bekas klubnya itu akan meraih kesuksesan karena punya materi pemain yang berkelas.

"Barcelona selalu bisa memenangkan hal yang besar, mereka punya pemain yang sangat bagus, mereka punya opsi untuk membeli pemain terbaik... jika saya tidak punya pekerjaan maka pastinya, semua suka Barcelona," tambahnya.

"Tidak peduli apapun situasinya. Saya menjalani masa terbaik sebagai pemain di sana, di Barcelona, serta punya rasa cinta yang besar terhadap kotanya. Jadi, mari berharap saya bisa melatih Barcelona suatu hari nanti," pungkasnya.